Bandara Sepinggan Balikpapan, Inspirasi yang Mencuri Perhatian Dunia

Sebelumnya, nama Balikpapan jarang terdengar di kancah Internasional. Bahkan untuk ukuran Nasional pun, saya yakin banyak orang dari luar daerah terasa asing mendengar nama kota ini. Meski pun tahu, namun saya yakin banyak orang yang tak tahu letak kota Balikpapan.

Adalah Bandara Sepinggan, yang kini menjadi ikon baru kota Balikpapan. Bandara ini bukan sekedar bangunan kebanggaan masyarakat, tapi juga sebagai pintu gerbang jembatan ekonomi dalam membangun negeri. Fasilitas bandara yang lengkap, jadwal penerbangan Domestik dan Internasional yang bertambah, dan sejuta kemewahan lain telah membuka mata seantero Nusantara.

Kini Balikpapan bukan sekedar kota kecil di tepian. Melainkan telah berubah menjadi sebuah kota besar yang telah mencuri perhatian dunia. Terbukti, sejak dibukanya bandara yang berada di urutan 16 dalam kontestasi Bandara Terbaik di Dunia, kini laju perkembangan kota Balikpapan menuju ke arah yang lebih cerah.

Ada banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang silih berganti memenuhi terminal-terminal bandara. Tercatat, pada tahun 2016 lalu, Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Balikpapan merilis data kunjungan wisatawan yang datang mencapai 2,3 juta pengunjung. Dalam data tersebut, 34.000 diantaranya adalah wisatawan Asing.

Ini merupakan indikasi positif dari kota Balikpapan yang telah memberikan inspirasi, bahwa tak selamanya kota besar di luar Jawa tidak bisa mencuri perhatian dunia. Balikpapan, dengan Bandara Sepinggan menjadi contoh nyata dalam mengubah perekonomian dan mendorong masyarakat untuk lebih pro-aktif dalam memajukan kota.

Kontribusi Kita untuk Kemajuan Kota dan Keselamatan dalam Berkendara

Balikpapan telah menjadi inspirasi 60 tahun Astra dengan memberi dukungan pada warganya untuk berubah. Bahwa kita, sebagai warga pun harus memberikan kontribusi nyata sebagai bentuk partisipasi dalam memajukan Sumber Daya Manusia di Balikpapan.

Perubahan ini bisa dimulai dari diri kita sendiri. Berkendara dengan aman dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku merupakan salah satu contoh kecil yang bisa kita lakukan. Mungkin terlihat sepele, tapi berkendara dengan perlengkapan standard dan menghormati pengendara lain dengan mentaati peraturan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya. Hal kecil yang berdampak besar bagi kehidupan Anda.

Tak hanya menjadi pelopor berkendara aman dan nyaman di jalan raya, kita pun berkesempatan untuk meraih total hadiah senilai 200 juta rupiah dalam program Astra Road Safety Challenge. Ini merupakan wujud Astra Honda Motor dalam memberikan dorongan kepada seluruh jajaran masyarakat Balikpapan untuk menjadi pelopor keselamatan berkendara. Bandara yang megah, kota yang indah, dan jalan raya yang aman akan menjadi cerminan seluruh warganya. Kota Balikpapan telah memberikan inspirasi bagi warganya di bidang pembangunan. Kini, adalah tanggungjawab kita sebagai warga untuk turut serta menjaga keamanan dan kenyamanan kota.

Pranala luar

  • http://traveling.bisnis.com/read/20170104/224/616729/target-kunjungan-wisata-ke-balikpapan-naik-tipis
  • http://satu-indonesia.com/astraroadsafetychallenge/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *