Daihatsu Hi-Max, Harapan Baru Pengusaha UMKM

himax-1

Belum lama ini Daihatsu secara resmi telah merilis mobil pick-up berdimensi mungil, yaitu Daihatsu Himax. Ingin menyusul kesuksesan GranMax, desain kompak nan elegan tetap mewarnai mobil yang difungsikan untuk mengangkut barang ini. Dan kehadirannya merupakan upaya Daihatsu dalam merespon kebutuhan para pengusaha terutama di skala UMKM yang menginginkan mobil pickup kompak yang mampu bermanuver lincah di jalan sempit dengan harga yang terjangkau.

Mobil ini memang diposisikan untuk mengisi celah yang dahulu pernah ditempati oleh Hijet 1.000 cc. Untuk produk terbaru ini, Himax dibekali dengan Mesin Daihatsu Ayla yang berkode 1KR-DE DOHC 3 silinder berteknologi fuel injection. Tenaga yang dihasilkan sekitar 57 Ps pada 5. 000 rpm dan torsi maksimum 8. 7 kgm pada 4. 000 rpm. Secara dimensi, mobil pickup ini nampaknya memang diperuntukkan untuk wilayah perkotaan yang dipenuhi gang-gang sempit sehingga tidak memerlukan tenaga yang begitu besar.

Dimensi mobil Himax juga begitu kompak, dengan panjang cuma 3. 395 milimeter, lebar cuma 1. 475 mm. Yang menarik, Himax memiliki wheelbase cuma 1. 900 mm, sehingga radius putarnya relatif kecil, yaitu cuma 4 mtr. saja. Lantaran ukurannya yang begitu kecil, mobil ini dapat miliki kemampuan angkut yang kecil juga. Namun di atas kertas, mobil Himax ini diklaim mampu mengangkut barang seberat 750 kg dengan toleransi hingga 1 ton.

Untungnya lagi Daihatsu Himax memiliki 4 roda, bukan 3 roda, sehingga masih dapat masuk ke jalan tol dan pengemudinya pun tak perlu memakai helm sebagaimana bila membawa kendaraan roda 3. Hanya sayang, Daihatsu Himax baru tersedia dalam jenis bak terbuka saja. Mungkin bila ada varian minibus atau box, bisa saja penjualannya dapat lebih hebat lagi. Jadi, apakah mobil ini mampu menjadi harapan baru bagi para pengusaha UKM yang membutuhkan mobil bak dengan harga terjangkau?

Nah, harga Daihatsu Himax ditawarkan dengan harga yang cukup menarik, yakni cuma Rp 95 juta untuk tipe STD tanpa ada AC dan power steering. Ada juga varian yang dilengkapi AC dan power steering yang dibandrol dengan harga Rp 103, 3 juta OTR. Dan harga itu agak lebih mahal sedikit bila dibanding dengan produk kompetitor, yaitu Tata Ace yang dibandrol pada Rp 80 juta saja. Namun bila memandang nama besar Daihatsu, nampaknya mobil ini bakal cukup populer di kalangan pengusaha UMKM tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *