Melindungi Mesin Mobil Sebelum Dibersihkan

melindungi-mesin-sebelum-dibersihkan

Membersihkan mesin mobil dapat lebih mudah saat rutin dilakukan perbaikan atau pemeliharaan. Jika sudah lama Anda tidak membersihkan mesin mobil Anda, mungkin Anda perlu menyisihkan sedikit waktu untuk merendam komponen mesin dalam minyak agar bersih dari kotoran, dan sedikit minyak untuk menyikat timbunan kotoran.

Cara membersihkan mesin mobil terbaik pada awalnya adalah memastikan bahwa Anda mencuci dan membilas setiap kotoran yang dapat mencapai komponen mesin mobil. Membersihkan mesin secara teratur akan mencegah karat dari berkembangnya kotoran. Debu jalan dan garam adalah penyebab terbesar munculnya karat, sehingga membilas mesin mobil akan memperpanjang umur mesin kendaraan Anda.

Untuk itu langkah pertama dari cara membersihkan mesin mobil adalah dengan melindungi mesin mobil dari kemungkinan terkena air dan bahan pembersih lainnya. Dari halaman kokgituya daihatsu.co.id, berikut urutan langkah-langkahnya :

1. Melindungi dan Mempersiapkan Mesin Mobil yang Kotor
Sebelum Anda mulai cara membersihkan mesin mobil yang benar, bersihkan daun, rumput, ranting atau sampah lainnya dari ruang mesin. Kotoran ini dapat menjadi masalah dan bahkan menyebabkan kebakaran jika dibiarkan ada dalam mesin atau sistem listrik cukup lama. Hal ini umum untuk jarum pinus dan daun untuk mengumpulkan di bagian bawah kaca depan dan kemudian jatuh ke teluk mesin. Begitu pula cari sarang hewan kecil, terutama karena cuaca menjadi dingin.

2. Lepaskan baterai.
Menyemprotkan air langsung ke teluk mesin Anda dapat menyebabkan beberapa komponen listrik untuk busur, meniup sekering atau menyebabkan kerusakan lainnya. Cegah hal ini dengan melonggarkan baut pada terminal negatif pada baterai dan geser kabel ground off dari terminal. Anda dapat memilih untuk lepaskan terminal positif juga untuk menghapus dan membersihkan baterai luar ruang mesin. Jika Anda meninggalkan baterai di kendaraan, selipkan kabel tanah ke samping untuk mencegah dari datang ke dalam kontak dengan terminal.

3. Menutupi kabel terbuka atau elektronik.
Sementara mesin Anda cukup tahan air, membungkus plastik sekitar beberapa komponen listrik dapat menawarkan tingkat yang lebih tinggi keselamatan. Menutupi lubang busi, kabel longgar dan topi distributor jika kendaraan Anda datang dilengkapi dengan satu. Kantong plastik kecil atau cling wrap plastik bekerja dengan baik untuk menawarkan perlindungan dari air. Lihat manual layanan kendaraan Anda jika Anda tidak yakin apakah itu datang dilengkapi dengan distributor atau di mana untuk menemukan lubang busi.

4. Biarkan mesin selama lima menit.
Kotoran pada mesin akan lebih mudah untuk menghapus ketika dipanaskan. Cara membersihkan mesin mobil berikutnya dimulai dengan starter mobil dan memungkinkan untuk berjalan selama lima atau lebih menit. Hal ini akan memungkinkan mesin untuk mendapatkan suhu operasi normal dan melonggarkan setiap terjebak pada kotoran. Jangan meninggalkan mesin berjalan terlalu lama, atau Anda dapat membakar diri sendiri ketika Anda mulai membersihkan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *